tag:blogger.com,1999:blog-112817532024-03-08T02:10:36.483+07:00tentang pemikiran dan gagasantentang ide dan perenungan, tentang merayakan khazanah penafsiran yang perlu ditinjau kembali, bukan untuk dibuang, tapi untuk diambil dan dimanfaatkan. Karena membuang khazanah itu kerapkali hanya menghasilkan sesuatu yang hitam-putih.Sayed Mahdihttp://www.blogger.com/profile/11730352632924999184noreply@blogger.comBlogger5125tag:blogger.com,1999:blog-11281753.post-91850142364980536172008-06-04T10:38:00.002+07:002008-06-04T12:48:19.791+07:00Apa Sebenarnya Tujuan Akhir FPI dan Kaum Islamis Lainnya?Mungkin saja, Ketua FPI, Muhammad Rizieq Shihab adalah korban permainan politik. Dengan ideologi puritannya terkadang bisa saja dia dan para asistennya menjadi naif dan ekstra lugu. Kalau kita lebih jeli melihat aksi-aksi politik FPI, tentu kita bisa menarik dari arah mana sumber dukungan ke FPI ini berasal.Kalau saya tidak salah, FPI (dengan Laskar Pembela Islam nya) pertama kali muncul dalam Sayed Mahdihttp://www.blogger.com/profile/11730352632924999184noreply@blogger.com35tag:blogger.com,1999:blog-11281753.post-1110962470095288932005-03-16T15:34:00.000+07:002005-03-19T13:07:08.533+07:00ketika para koki digusur tukang sayur dan tukang sayur pun menjadi kokiSewaktu menghadiri shalat Jumat, saya sering mendengar khatib berkata: “sebagai umat Islam kita harus menuruti dan menjalankan apa-apa yang diperintahkan dalam Alquran, dan menjauhi apa-apa yang dilarang di dalam Alquran agar kita menjadi orang-orang yang bertakwa…” Ucapan ini memang mudah diucapkan, dan terkesan mudah pula dilakukan (bagi yang mau melakukan). Ketika kesekian kalinya saya Sayed Mahdihttp://www.blogger.com/profile/11730352632924999184noreply@blogger.com20tag:blogger.com,1999:blog-11281753.post-1110422707755601522005-03-10T09:39:00.001+07:002008-05-07T16:28:24.866+07:00yang simbolik, yang religius, yang politis, yang ideologis, & yang tragis dalam pakaianAnne Sofie Roald adalah associate professor di International Migration and Ethnic Relations (IMER) di Malmo University, Swedia. Ia seorang ilmuwan sosial berdarah Norwegia yang mengalami konversi menjadi seorang muslimah dan mengenakan jilbab, dan sepanjang mengenakan jilbab ia menerima berbagai reaksi dari orang-orang di sekelilingnya, dari reaksi positif hingga negatif. Ada satu bab dalam Sayed Mahdihttp://www.blogger.com/profile/11730352632924999184noreply@blogger.com23tag:blogger.com,1999:blog-11281753.post-1110249587044864152005-03-09T12:40:00.000+07:002005-03-08T09:39:47.053+07:00Tuhan ala Al-Ghazali, Ibnu Rusyd, atau ala Ibnu 'Arabi? : paragraf-paragraf yang belum rampungAda tiga hal yang menjadi perdebatan post-mortem antara Al-Ghazali (wafat 1111 M) dan Ibnu Rusyd (wafat 1198 M) yaitu: (1) apakah Tuhan mengetahui atau tidak mengetahui hal-hal partikular dari segenap ciptaannya; (2) Di hari akhirat apakah yang terjadi adalah hanya kebangkitan ruh atau malah kebangkitan jasad; dan (3) apakah alam ini qadim (tidak bermula, tidak diciptakan dan kekal) atau jadid (Sayed Mahdihttp://www.blogger.com/profile/11730352632924999184noreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-11281753.post-1110249382095943122005-03-09T12:35:00.000+07:002005-03-08T09:36:22.100+07:00Pertanyaan-pertanyaanDalam tulisan di bawah ini, Islam saya artikan sebagai seperangkat ajaran yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW pada abad ke 7 Masehi di jazirah Arab. Bagi seorang muslim, ajaran-ajarannya itu diyakini berdasar pada wahyu Tuhan (dalam bahasa Arab disebut dengan Allah). Dalam masa penyampaian ajarannya itu, perkataan, tindakan, persetujuan dan juga ketidaksetujuan Muhammad terhadap suatu hal Sayed Mahdihttp://www.blogger.com/profile/11730352632924999184noreply@blogger.com1